Senin, 22 Februari 2010

TIPS Mengusir Rasa Rendah Diri

Seorang yang memiliki kepribadian minder atau low self-esteem, bukan berarti tak dapat menjadi pribadi yang penuh self-esteem, yakni tipe kepribadian yang penuh percaya diri, hangat, optimis. Anda bisa, tentu dengan kemauan kuat, membuka diri dalam pergaulan,banyak membaca agar wawasan Anda terbuka, dan sebagainya. Selain itu cobalah :
1. Hadapi Rasa Takut Anda
Semua hal yang tidak atau belum kita ketahui memang membuat takut dan minder. Tapi percayalah, rasa takut sebenarnya hanya ada dalam pikiran dan bayangan kita. Pada dasarnya tak akan berakibat seburuk yang kita kira.
2. Jangan Terpuruk Karena Kegagalan
Sebelum mencapai keberhasilan akan melewati kegagalan. Dari kegagalan masa lalu, jangan terpuruk karenanya, tetapi hindari kesalahan yang sama, maka Anda akan menjadi lebih bijak dan lebih kuat.
3. Mengetahui Apa Yang Anda Inginkan
Apapun yang Anda inginkan tentu harus jelas Anda ketahui. Sehingga jelas pula bagaimana usaha-usaha yang dapat Anda lakukan untuk menggapainya. Pengetahuan tentang apa yang Anda tuju, membuat Anda lebih percayakan akan dapat meraihnya.
4. Hargai Diri Sendiri Bila Berhasil
Banyak orang yang lupa menghargai keberhasilan diri sendiri. Bisa karena minder, atau karena tak bersyukur. Keduanya menimbulkan aura negative pada diri sendiri. Menghargai yang Anda capai akan membuat orang lain pun menghargainya, dan Anda pasti termotivasi untuk mencapai lagi yang lebih baik.
5. Berbicaralah, Jangan Berasumsi
Kita seringkali membuat asumsi bahwa seseorang atau situasinya sungguh buruk. Padahal asumsi tak benar akan menjerumuskan Anda. Berbicara dan mendapat jawaban membuat pikiran Anda tenang.
6. Gagal ? Yang Penting Jangan Merasa Kalah
Kegagalan adalah hal yang biasa. Yang terpenting dari itu adalah bagaimana kita tidak merasa kalah, tetapi sekedar mundur untuk mempelajari situasinya. Jadi, jangan mau dikalahkan oleh satu kegagalan.




Sumber : Majalah Kartini edisi 14 April s/d 1 Mei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar