Senin, 22 Februari 2010

ANEMIA

Gangguan ini ditandai dengan keluhan mudah lelah, sering kesemutan, mata berkunang-kunang, an kelihatan pucat. 6 Cara Mencegah Anemia :
 Konsumsilah nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk menjamin terpenuhinya zat-zat gizi. Perhatian khusus pelu diberikan bagi terpenuhinya kebutuhan zat besi. Zat besi banyak terdapat pada makanan seperti daging, telur, ikan dan hati.
 Zat besi juga terdaptdidalam sayuran hijau, seperti daun singkong, bayam, sawi kangkung, daun kacang panjang, daun bawang dan daun melinjo. Kacang-kacangan dan hasil olahannya juga memiliki kandungan zat besi, seperti kacang ijo,kacang merah, kacang tolo, kacang kedele, tahu dan tempe.
 Hindari minum the,kopi, dan coklat berdekatan dengan waktu makan. Minuman itu mengandung zat pitat dan tanin yang menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.
 Anemia juga bisa disebabkan oleh cacing tambang. Penularan cacing terjadi apabila seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi telur ccacing atau dari tanganya yang kotor. Untuk itu jaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
 Sering pula anemia pada usia subur akibat adanya infeksi , misalnya infeksi saluran pencernaan. Karena itu bila terdapat infeksi, segera berobat kedokter agar diatasi secara tuntas.
 Bila tidak menjamin pemasukan zat besi melalui makanan yang diberikan sehari-hari, maka dapat dipertimbangkan pemenuhan zat besi dari luar.


Sumber : Booklet Kesehatan Kartini 2237

Tidak ada komentar:

Posting Komentar