Rabu, 24 Februari 2010

Apa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)?

Ahli kesehatan mengatakan bahwa ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) adalah gangguan perilaku yang paling umum yang dimulai selama masa kanak-kanak. Namun, tidak hanya mempengaruhi anak-anak - orang dari segala usia dapat menderita ADHD. Psikiater mengatakan ADHD merupakan gangguan perkembangan neurobehavioral.
Seorang individu dengan ADHD menemukan jauh lebih sulit untuk fokus pada sesuatu tanpa merasa terganggu. Dia memiliki kesulitan yang lebih besar dalam mengendalikan apa yang dia lakukan atau katakan dan kurang mampu mengendalikan berapa banyak aktivitas fisik yang sesuai untuk situasi tertentu dibandingkan dengan orang tanpa ADHD. Dengan kata lain, orang dengan ADHD jauh lebih impulsif dan gelisah.
Profesional perawatan kesehatan mungkin menggunakan salah satu istilah berikut ketika menggambarkan seorang anak (atau orang tua) yang terlalu aktif dan memiliki kesulitan berkonsentrasi - defisit perhatian, attention deficit hyperactivity disorder, hyperkinetic disorder, hiperaktif.
Amerika Utara biasanya menggunakan istilah ADD (attention deficit disorder) atau ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Di Inggris hyperkinetic disorder adalah istilah resmi - namun, ADD dan ADHD telah menjadi banyak digunakan.

ADHD pada anak-anak benar-benar berbeda dari masa kanak-kanak normal riuh gembira dan perilaku. Banyak anak-anak, terutama yang sangat muda, yang lalai dan gelisah tanpa harus terpengaruh oleh ADHD.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa sekitar 4,4 juta anak-anak berusia 4-17 telah didiagnosa dengan ADHD di Amerika Serikat oleh profesional kesehatan. Seperti tahun 2003 dua-dan-setengah juta anak Amerika usia 4-17 yang sedang dirawat karena ADHD dengan obat-obatan. CDC menambahkan bahwa pada tahun 2003 7,8% dari semua usia sekolah anak-anak Amerika dilaporkan memiliki ADHD diagnosis oleh orangtua mereka.
Tiga jenis ADHD
Menurut CDC, ada tiga jenis ADHD. Mereka yang didefinisikan menurut gejala yang paling menonjol.
1.Pelengah didominasi Jenis
Orang yang menemukan sangat sulit untuk mengatur atau menyelesaikan suatu tugas. Mereka merasa sulit untuk memperhatikan detail dan sulit untuk mengikuti instruksi atau percakapan.
2.Didominasi Hiperaktif-Impulsive Type
Orang merasa sulit untuk tetap diam - mereka gelisah dan berbicara banyak. Seorang anak kecil mungkin akan terus melompat, berlari atau memanjat. Mereka gelisah dan impulsif - mengganggu orang lain, meraih hal-hal dan berbicara pada waktu yang tidak tepat. Mereka mengalami kesulitan menunggu giliran dan sulit untuk mendengarkan arah. Seseorang dengan tipe ini ADHD akan memiliki lebih banyak cedera dan / atau kecelakaan daripada yang lain.
3.Gabungan Type
Seseorang yang gejalanya mencakup semua orang dari 1 dan 2, dan gejala yang sama-sama dominan. Dengan kata lain, semua gejala dalam 1 dan 2 berdiri keluar sama.


Sumber : SUMBER:
• Royal College of Psikiater (Inggris)
• ADHD Information Services (UK)
• Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (AS)
• ADHD.ORG.NZ (Selandia Baru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar