Kamis, 13 Mei 2010

TiP$ mEn9atasi DEpreSi

Depresi merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami kondisi yang jauh lebih dalam dari keadaan sedih. Setidaknya ada tiga hal penyebab depresi yakni:
-Faktor Organobiologis, yaitu depresi yang disebabkan karena tidak seimbangnya neurotransmiter di otak
-Faktor Psikologis, yaitu depresi yang disebabkan karena tidak mampu menghadapi tekanan psikologi yang dialami.
-Faktor Sosio-Lingkungan, yakni dikarenakan dampak situasi kehidupan sehari-hari.

Beberapa gejala depresi yang paling sering dijumpai adalah perasaan sedih yang sangat mendalam, lelah, lemas, kehilangan minat dan gairah serta perasaan malas yang berlebihan.Jika tidak segera diatasi depresi akan menyebabkan hal-hal yang mungkin dapat sangat berbahaya. Menurut penelitian, depresi dipercaya sebagai salah satu penyebab utama seseorang melakukan tindakan bunuh diri. Simak beberapa tips berikut ini untuk mengatasi depresi.

Lima Cara Mengatasi Depresi

1. Membantu orang-orang disekeliling kita yang kurang beruntung. Misalnya, orang cacat, orang sakit, tunawisma, anak-anak yatim atau orang yang kelaparan. Membantu tidak hanya melalui uang tetapi bahkan melalui cara-cara sederhana misalnya dengan memberikan motivasi untuk menguatkan mereka. Lakukan dengan ikhlas, jangan mengharapkan imbalan apa pun atas apa yang Anda lakukan. Dengan membantu orang-orang disekeliling kita yang kurang beruntung Anda akan menyadari betapa lebih banyak orang yang lebih tidak beruntung dibandingkan dengan kondisi Anda saat ini.

2. Mendengarkan musik adalah cara terbaik untuk menikmati hidup dan menyingkirkan gangguan depresi. Pilih musik favorit Anda yang benar-benar dapat menenangkan hati Anda. Jangan ragu untuk ikut menyanyi dengan lantang dan bersemangat. Jangan pedulikan jika suara Anda mungkin sedikit fals atau tidak layak untuk di dengar. Bernyanyi saja seperti tidak ada orang yang akan mendengarkan Anda. Anda mungkin akan terkejut betapa menyanyi membuat Anda merasa lebih ringan.

3. Musik alam juga dapat mengisi hidup Anda dengan kebahagiaan. Bunyi-bunyi alami seperti ombak di pantai, kicau burung, angin bertiup melalui celah-celah pohon dan suara aliran sungai akan sangat menenangkan hati dan pikiran Anda. Kita semua merespon secara naluriah suara-suara alam tersebut dan dapat secara signifikan akan membuat Anda merasa lebih optimis tentang hidup.

4. Sebuah pesta di mana setiap orang kaku dan tak seorang pun tertawa adalah memang membosankan. Hal yang sama berlaku dengan kehidupan secara umum. Mengisi hidup Anda dengan tawa dan humor dan Anda akan menyingkirkan depresi Anda. Cobalah untuk hidup secara spontan dan melihat humor dalam setiap peristiwa kehidupan. Dengan humor, ketika menghadapi situasi apapun Anda akan tetap bisa tersenyum.

5. Pahami bahwa kemalangan, kesedihan, dan hal-hal buruk lainnya merupakan kejadian yang umum terjadi. Hal-hal tersebut mungkin berada di luar kendali Anda, karenanya jangan terlalu disesali hal-hal yang telah terjadi. Penyesalan tidak akan menghasilkan apa-apa. Jadikanlah pengalaman buruk di masa lalu sebagai pelajaran berharga untuk menata masa depan Anda.

Tidaklah mungkin untuk mengabaikan hal-hal buruk yang terjadi pada kehidupan Anda. Namun dibalik hal tersebut ada sebuah hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk menjadi jauh lebih baik. Sering kali ada peluang tersembunyi di balik kesulitan. Jangan biarkan kesedihan untuk menarik Anda jurang keputusasaan, tetaplah fokus pada keindahan yang ditawarkan kehidupan.

sumber : http://inforingan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar